Senin, 13 April 2009


CANTIEQ
Oleh : M. Naulil Alfaroby

CANTIK??? Ya kata itulah yang semua wanita ingin memilikinya dan semua lelaki sangat mendambakannya....mengiginkannya dan bahkan memperebutkannya.
Mendengar kata cantik. Tentu yang terbayang adalah wanita dengan paras muka putih bersih, kulit halus lembut, bibir merekah, hidung mancung, rambut lurus terurai, badan langsing singset. Ya seperti iklan di TV itu lho katanya......tapi benarkah itu cantik yang sesungguhnya???
Memang kebanyakan semua orang menilai bahwa cantik adalah secara fisik semata namun siapa bilang cantik fisik adalah segalanya. Banyak cerita memang orang banyak menghabiskan hartanya hanya untuk mendapatkan wajah yang cantik, hidung yang mancung ataupun kulit yang halus namun semua itu ternyata tidak maksimal dan tidak bertahan lama.
Cobalah kita renungkan berapa lama kulit ang halus mulus akan tetap bertahan dari datangnya kerut keriput ?
Cobalah renungkan berapa lama rambut hitam lurus terurai akan tetap bertahan dari datangnya uban yang memutih?
Cantik fisik hanya bertahan beberapa lama saja karena pasti akan tiba waktunya kecantikan fisik memudar dan berakhir. Saat kecantikan fisik mencapai puncaknya saat itu pula mungkin banyak orang yang mendekatinya, memujinya bahkan mengidolakannya namun siapa sangka ketika kecantikan itu telah pudar semua pun meninggalkannya dan berakhir sudah petualangan kecantikannya.
Adapun cantik yang sesungguhnya bagi seorang wanita adalah kecantikan hatinya. Tidakkah kita lupa bahwa semua kecantikan itu sesungguhnya bersumber dari hati. Orang yang memiliki hati yang bersih dan dipenuhi dengan kebaikan akan memunculkan kepribadian yang baik, kelembutan akhlak dan ketenangan dalam bersikap. Sebagaimana dijelaskan oleh Rasulullah saw bahwa di dalam tubuh itu ada segumpal daging. bila ia baik, maka baik pulalah seluruh amal perbuatannya. Dan apabila ia rusak, maka rusak pulalah seluruh perbuatannya, dan hal itu adalah hati.'' (HR Bukhari dan Muslim).
Dan tentu juga harus diketahui bahwa Allah swt sesungguhnya tidak melihat kecantikan paras atau tubuh kita akan tetapi Allah swt hanya melihat pada kecantikan hati kita. Semakin cantik hati seorang wanita maka pandangan cinta dan rahmat Allah semakin banyak tertuju padanya.
Jadi alangkah indahnya wanita yang memiliki kecantikan hati didalam jiwanya.....!!!
Ingatlah kecantikan seorang wanita yang sesungguhnya bukanlah dengan pakaian mewah, aksesoris yang melekat pada tubuhnya ataupun emas permata yang menghiasi tubuhnya akan tetapi kecantikan wanita yang sesungguhnya ada pada kelembutan dan keluhuran budi pekerti dan ilmunya.
Untuk mewujudkan kecantikan hati, seorang wanita tidaklah harus meributkan diri seperti halnya dalam mendapatkan kecantikan fisik. Kecantikan hati dapat diperoleh dengan meneladani Rasulullah saw melalui istri-istri dan putri-putrinya. Bagaimana keluhuran dan keutamaan akhlaq mereka menunjukkan kecantikan hati yang sesungguhnya.
Kecantikan hati adalah balutan dari keluhuran akhlaq, amal shaleh dan ketakwaan seorang wanita.
Sungguh Ibnu Abbas pernah berujar ''Sesungguhnya amal kebaikan itu akan memancarkan cahaya dalam hati, membersitkan sinar pada wajah, kekuatan pada tubuh, keberkahan dalam rezeki, dan menumbuhkan rasa cinta di hati manusia kepadanya.''
Selanjutnya tinggal menunggu apa.......???
kecantikan sudah ada didepan mata.....
wahai para wanita............!!!!

0 comments: