Kamis, 11 Februari 2010

Gus Dur dan Soeharto akan Dipertimbangkan Dapat Gelar Pahlawan


Dua mantan presiden, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dan Soeharto akan dipertimbangkan untuk diberi gelar pahlawan. Gelar itu akan dipertimbangkan Dewan Gelar Tanda Jasa dan Kehormatan yang baru saja diangkat Presiden SBY.

"Mengenai adanya usulan Gus Dur dan Soeharto diusulkan dapat gelar pahlawan itu juga akan dipertimbangkan oleh para Dewan Gelar yang baru. Itu akan diteliti berdasarkan obyektivitas fakta sejarah," ujar juru bicara kepresidenan, Julian Aldrin Pasha di Kantor Presiden, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (10/2)

Menurut Julian, hasil penelitian dari usulan masyarakat itu, akan disampaikan kepada Presiden. Dewan Gelar sendiri sudah diangkat dan terdiri dari 7 orang. Mereka terdiri dari 2 unsur akademis, 2 unsur militer dan 3 unsur tokoh masyarakat.

Mereka adalah Marsekal TNI Djoko Suyanto (Ketua), Hayono Suyono (Wakil Ketua), serta anggota Juwono Sudarsono, TB Silalahi, M Quraish Shihab, Jimly Ashshiddiqie dan Edi Sedyawati.

Sementara anggota Dewan Gelar Jimly Ashshiddiqie mengatakan Presiden SBY memberikan arahan sebagai bangsa yang punya peradaban tinggi agar tidak pelit memberikan penghargaan dan kurang begitu lancar berterima kasih.

"Kita senang menghukum dan tidak senang memberi penghargaan. Orang yang berjasa dan berkontribusi di negara harus diberikan penghargaan," jelas Jimly. (min)

Source : NU Online

0 comments: